Diserahkan ke PPK Hari Ini

Hasil Faktualisasi Calon Perseorangan
JAMBI-
Jika tidak ada aral melintang, hari ini (29/12) dijadwalkan seluruh PPK di Pemilihan Bupati (Pilbup) Muarojambi menerima hasil faktualisasi yang dilakukan oleh PPS di seluruh desa dalam Kabupaten Muarojambi. Seperti diketahui, sejak beberapa waktu lalu, petugas PPS sudah melakukan faktualisasi di lapangan untuk mengecek kebenaran dukungan yang diajukan calon perseorangan, Kamaluddin Havis-Rizal Lubis.
“Pengecekan yang dilakukan petugas kita satu persatu, tidak seperti faktualisasi calon anggota DPD saat Pemilu legislatif lalu yang mengambil sampel,” kata Ketua KPU Muarojambi, Asnawi, saat dihubungi via ponselnya, kemarin. Menurut Asnawi, dengan diserahkannya hasil faktualisasi ke PPK ini, KPU paling tidak sudah lebih mendapat gambaran terkait hasil faktualisasi yang dilakukan oleh perangkat KPU di tingkat bawah tersebut.

“Jadwalnya tanggal 29 ini sudah diserahkan ke PPK. Nantinya, PPK setelah menerima hasil faktualisasi tersebut akan memeriksa kembali,” katanya ketika dikonfirmasi via ponselnya, kemarin.  Hingga kemarin, Asnawi menyatakan, KPU Muarojambi masih belum mendapat laporan secara konkret berapa jumlah dukungan pasca faktualisasi. Termasuk berapa jumlah berkas yang digugurkan dari syarat dukungan calon perseorangan tersebut.

Rencananya, kata dia, KPU Muarojambi punya waktu khusus untuk memanggil calon perseorangan dan menyampaikan hasil faktualisasi yang sudah dilakukan oleh perangkat KPU di tingkat bawah tersebut. “Rencana kita tanggal 4 Januari ini akan kita panggil bakal calon perseorangannya. Nanti di tanggal 4 Januari itu, seandainya ada kekurangan dari berkas dukungan calon perseorangan tersebut, akan kita langsung sampaikan. Kita minta mereka (Kamaluddin-Rizal) menyerahkannya kekurangannya kepada kita,” jelasnya. (rin)
Software Iklan Baris Massal