Warga Jambi Buru Kostum Timnas

JAMBI - Sama seperti di Jakarta, dan kota-kota lainnya, masyarakat Jambi juga banyak yang memburu kostum tim nasional Indonesia menjelang pertandingan semifinal leg kedua antara Indonesia lawan Filipina yang diselenggarakan Minggu malam. Perburuan kostum tim nasional ini sebagai wujud antusias masyarakat dalam memberikan dukungan kepada Tim Nasional (Timnas) yang menjamu Filipina dalam piala AFF 2010. Masyarakat dari kalangan anak-anak hingga dewasa terlihat berlomba-lomba untuk mendapatkan kostum tim kebanggaan Indonesia itu.
Seperti terlihat di salah satu kios pakaian di jalan Basuki Rahmat, Kota Baru, yang menyediakan berbagai konstum tim sepakbola. Kios yang diberi nama Lapak Kecil ini sejak tiga hari menjelang pertandingan Indonesia melawan Filipina pada leg pertama sudah menyediakan berbagai kostum Timnas. Isnan, pemilik Lapak Kecil mengatakan, kostum Timnas sudah mulai diburu sebelum pertandingan leg pertama melawan Filipina. Masyarakat yang memburu kostum biasanya memesan terlebih dahulu, karena takut kehabisan stok. ‘’Kita banyak yang pesan duluan, sebab kalau tidak pesan banyak takutnya kehabisan,’’ kata Isnan disela kesibukannya menyusun barang dagangannya, Minggu (19/12).

Isnan mengaku, menyediakan berbagai jenis kostum Timnas, diantaranya jenis T-Shirt Polo, kaos oblong, celana pendek, training hingga ke jaket. Di Lapak Kecil ini juga menyediakan berbagai aksesoris yang berbau Timnas. Menurutnya, para pembeli tak hanya didominasi kaum pria, namun banyak juga kaum Hawa yang ikut memburu kostum Timnas ini. Lantaran banyaknya pesanan ini, tak pelak membuat Isnan cukup kewalahan dalam melayani pembeli bahkan sering kehabisan stok. ‘’Sekarang saja stok sudah habis, tinggal yang ukuran besar-besar saja. Sebab mau pesan ke Jakarta juga sama-sama kehabisan stok,’’ ungkapnya.

Yohana Delvia, salah seorang pembeli wanita ketika ditanya mengaku hampir tidak kebagian kostum. Ia sebenarnya ingin membeli kaos dengan nomor punggung 17 milik Irfan Bachdim, namun tidak ada lagi yang berukuran kecil. ‘’Dapat yang Gonzales, tetapi sama saja yang penting kita dukung Indonesia untuk mengalahkan Filipina,’’ ujar Yohana berapi-api.

Ia mengatakan, kostum yang dibelinya tersebut akan dipakai ketika akan nonton bareng (nobar). Meskipun tidak nonton langsung di stadion umum Gelora Bung Karno Jakarta, Yohana mengaku akan memberikan dukungan dari Jambi bersama rekan-rekannya. Perburuan kostum Timnas tak hanya ada di Lapak Kecil saja. Beberapa toko pakaian olahraga yang ada di pusat Pasar Kota Jambi juga menjadi perburuan pendukung Timnas. ‘’Stok kita masih ada, tetapi yang banyak ukuran besar. Kalau ukuran kecil tinggal yang model-model biasa saja,’’ ungkap Neti, salah seorang penjaga toko pakaian di Pasar Jambi. Pada semi final leg pertama piala AFF 2010, Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 1-0 di stadion Umum Gelora Bung Karno, Jakarta lewat sundulan pemain naturalisasi asal Uruguay, Christian "El Loco" Gonzales. (zie)
Software Iklan Baris Massal