Tiga Kandidat Berpeluang Diusung Hanura

JAMBI-Satu dari tiga kandidat berpeluang diusung Partai Hanura di Pemilihan Bupati (Pilbup) Muarojambi. Ketiga nama tersebut adalah Raden Azis Muslim, Sukni dan Masnah Busro. Ini adalah hasil pengerucutan dari lima nama yang sudah mendaftar yakni, di samping tiga nama tersebut juga ada Abdul Munthalib dan R Manan. Sekretaris DPC Partai Hanura Muarojambi, Syafriwanto menyatakan, penjaringan kandidat untuk Pemilukada Muarojambi sudah memasuki babak akhir.
Dalam waktu dekat ini Partai Hanura Muarojambi sudah mempunyai kandidat untuk diusung. "Tinggal tiga kandidat yang masih dibahas di tingkat DPC Hanura. Dalam waktu dekat akan kami rekomendasikan ke DPD dan DPP Hanura," terangnya. Menurut dia, ketiga kandidat ini mempunyai peluang sama untuk didukung Hanura. Pasalnya, dari komunikasi yang sudah dilakukan, tiga kandidat tersebut menunjukan keseriusan untuk mendapatkan Hanura menjadi salah satu partai sebagai perahu menuju Pemilukada Muarojambi.

Meski begitu, kata dia, Hanura tetap akan memberikan persyaratan kepada setiap kandidat yang bakal mereka usung. "Salah satu syarat yang harus dipenuhi kandidat agar diusung Hanura yaitu mereka harus mempunyai dukungan dari partai lain. Dalam artian kandidat yang bakal diusung Hanura sudah mempunyai partai cukup untuk maju dalam Pemilukada," jelasnya.

Bukan tanpa alasan dirinya mengatakan demikian. Sebab, di legislatif Muarojambi, Hanura hanya mempunyai dua kursi. Sehingga, jumlah tersebut masih jauh dari cukup untuk mengusung kandidat. "Untuk berkoalisi, kandidat harus mendapatkan minimal tiga kursi lagi untuk maju menjadi calon bupati," terangnya. Dari hasil komunikasi yang sudah dilakukan DPC Hanura Muarojambi dengan tiga kandidat yang masih berpeluang diusung, semuanya diyakini Syafriwanto bakal mendapatkan dukungan dari partai lain. "Kami memberikan batas waktu besok (hari ini,red) untuk kandidat menunjukan bukti bahwa mereka mendapatkan dukungan dari partai lain. Karena, Hanura tidak mau memberikan dukungan kepada kandidat yang tidak bisa mencalonkan diri karena tidak mempunyai partai cukup," jelasnya.

Menurutnya, dari tiga kandidat yang bakal diusung Hanura ini, dari hasil survei untuk sementara, Aziz Muslim masih di atas dari dua nama lainnya. Meski demikian, banyak hal yang menurutnya menjadi perhatian Hanura dalam menentukan dukungan kepada salah satu kandidat. "Komitmen untuk membesarkan Partai Hanura menjadi salah satu hal penting yang tidak bisa dilepaskan dari komitmen untuk mendukung salah satu kandidat dalam Pemilukada ini," tandasnya. (rin)
Software Iklan Baris Massal