Arnold Lengser Setelah 7 Tahun jadi Gubernur

LOS ANGELES - Setelah tujuh tahun menjabat gubernur, Arnold Schwarzenegger meletakkan jabatan. Kemarin (3/1) tokoh berjuluk Governator itu menyerahkan kursi gubernur California kepada Jerry Brown, politikus Partai Demokrat pemenang pilgub 2 November lalu. Tapi, politikus 63 tahun itu berjanji tetap menjadi figur masyarakat.
Begitu resmi mencopot jabatan sebagai gubernur, Schwarzenegger mengatakan kebanjiran tawaran menggiurkan. Tidak hanya dari Hollywood yang sudah cukup lama dia tinggalkan, tetapi juga dari pebisnis dan politisi. "Saya tidak punya rencana apa pun," ungkap pria berdarah Austria itu di hadapan ratusan pendukungnya pada pesta perpisahan di Kota Sacramento akhir tahun lalu.

Menurut Jubir Schwarzenegger, Aaron McLear, suami Maria Shriver tersebut memang belum merencanakan jalur hidup berikutnya pascalengser. "Banyak tawaran yang datang, tetapi dia baru akan mempertimbangkannya satu per satu setelah acara serah terima ini," kata McLear dalam wawancara dengan Associated Press. Tersiar kabar bahwa bintang film Terminator itu akan menulis otobiografi.

Dalam siaran radio mingguan terakhirnya, Schwarzenegger mengatakan bahwa dirinya telah menuntaskan seluruh tugas sebagai gubernur California. Karena itu, dia menyatakan bangga dengan dua kali masa jabatannya yang berakhir kemarin. "Sejarah akan menjadi hakim terakhir rekor pemerintahan saya. Tapi, saya mengakhiri masa jabatan saya kali ini dengan penuh kebanggaan. Semuanya sudah tercapai," paparnya seperti dikutip Agence France-Presse.

Bapak empat anak itu juga sangat berterima kasih kepada masyarakat California yang memercayakan pemerintahan di tangannya. "Keluarga saya, karir saya, dan seluruh kesuksesan saya adalah piutang tak terhingga dari California. Kesempatan untuk membalas kebaikan California dengan menjadi gubernur merupakan impian seorang imigran yang menjadi kenyataan," ungkap tokoh yang hijrah ke Amerika Serikat (AS) pada 1968 itu. (hep/c6/dos)
Software Iklan Baris Massal